Jepang - Google boleh berjaya di pasar pencarian Amerika Serikat (AS). Namun, di Jepang, Google harus berbesar hati mengakui keunggulan Yahoo.

Berdasarkan data yang dilansir ComScore, selama bulan September 2008, mesin cari Yahoo mampu merajai pasaran mesin cari di Jepang.

Dikutip detikINET dari MT Soft, Jumat (28/11/2008), ada 5,9 miliar pencarian di Jepang pada bulan September. Rata-rata, orang melakukan pencarian 96 kali selama sebulan. Dari sini terungkap bahwa Yahoo mendominasi dengan 3 miliar volume pencarian, dan menggenggam 51 persen pangsa pasar.

Sementara Google harus puas di urutan kedua dengan 2,3 miliar pencarian dan penguasaan sekitar 39 persen pangsa pasar. Bagaimana dengan Microsoft? Raksasa software dari Redmond ini menempati posisi keempat, di belakang Rakuten, yang berbasis di Jepang.

Kondisi ini berkebalikan dengan yang terjadi di AS. Di negeri Paman Sam tersebut, Google menguasai sekitar 62,9 persen pangsa pasar, sementara Yahoo hanya 20,2 persen.

0 comments