Krisis Yahoo!

Posted by neo | 4:00 AM | 0 comments »


Krisis Yahoo! makin menjadi jadi. Siang ini saya membaca petikan artikel di sebuah forum yang mengatakan Yahoo! inc akan merumahkan lebih dari 1000 karyawannya akibat dari krisis keuangan yang melanda portal raksasa ini. Penurunan laba dan anjloknya harga saham merupakan indikasi Yahoo diambang kebangkrutan.

Harus diakui, Yahoo sangat besar peranananya dalam mengenalkan dunia teknologi informasi ke seluruh dunia. Ssurat elektronik gratis, milis gratis adalah beberapa layanan yang sangat menunjang penyebaran informasi tentang TIK. Saya pribadi mengenal dunia antah berantah ini mulai dari Yahoo juga yaitu Yahoogroups. Tanpa adanya layanan layanan Yahoo tersebut mungkin pengetahuan saya tentang TIK tidak seperti saat ini.

Yahoo harus diselamatkan, demikian harap saya dalam hati. Entah bagaimana caranya. Beberapa hari silam, sempat terbersit keinginan Microsoft inc untuk membeli Yahoo, namun keinginan perusahaan milik Bang Bill Gates ini ditentang berbagai pihak dengan alasan monopoli. Google pun yang notabene saingan Yahoo di beberapa layanan gratis, berinisiatif untuk membantu pesaingnya itu dengan bantuan support, sayang bantuan ini masih belum mendapat tanggapan yang berarti dari Yahoo.

Secara pribadi sebenarnya saya tidak mengerti, apa yang salah dengan Yahoo. Saingan utama di dunia mesin pencari cuma berasal dari Google, pelanggan pada berbagai layanan pun mencapai jutaan, tapi mengapa bisa sampai mengalami kejadian setragis ini? Bahkan beberapa bulan yang lalu, Yahoo sempat membeli layanan jaringan blog yaitu Mybloglog. Tetapi toh semua itu tidak mampu menjadikan Yahoo sebagai portal yang kuat sekuat Google.

Sebagai orang awam yang tidak tahu banyak masalah masalah keuangan Yahoo, saya cuma bisa berharap mudah mudahan krisis ini cepat berlalu dan tidak berdampak banyak terhadap layanan gratis yang diberikan.

0 comments